Selasa, 05 April 2011

MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI (OS)
A. Melakukan Manajemen File
File yang digunakan untuk menjalankan suatu program atau aplikasi tidaklah sedikit jumlahnya bahkan ada yang mencapai ribuan file. Agar file tersebut dapat bekerja maksimal dan mudah pengontrolannya perlu dilakukan manajemen file seperti pengelompokan menu yang berkaitan dengan oprasi file, operasi pengeditan dan sebagainya.
1. SETTING DAN UTILITY
a. Taksbar dan Star menu
- Taksbar
- Klik menu star
- Klik kanan mouse anda
- Pilih properties
- Pilih taksbar
- Star Menu
- Klik menu star
- Klik kanan mouse anda
- Pilih properties
- Pilih menu star
b. Membuat shortcut
- Klik menu star
- Klik kanan mouse anda
- Pilih properties
- Klik taskbar
- Arahkan penunjuk dan klik costumize
c. Utility
- Recicle bin
- Search
2. FOLDER
Merupakan tempat atau wadah untuk mengelompokkan beberapa file yang sejenis.
a. Membuat folder melalui desktop
- Klik kanan mouse
- Pilih new
- Pilih folder
b. Membuat folder di windows eksplorer
- Letakkan mouse ke star
- Klik kanan mouse
- Pilih eksplorer
- Letakkan di diktori mana folder itu akan di buat
3. MENU PULL DOWN
Merupakan kumpulan perintah-perintah komputer yang di sajikan berdasarkan kelompok atau kesamaan perintah, yang dimaksud menu pull down adalah (file, edit, view, format, help).
4. Menu cascading
Merupakan menu yang muncul setelah memilih bagian utama menu pull down.
5. Menu pop-up
Adalah menu yang muncul ketika klik kanan pada mouse.
6. Drag dan Drop
Memindahkan  Sorot dan tarik lalu lepaskan
Menggandakdan  Ctrl + sift + sorot, tarik dan lepaskan

7. Setting Periferal
Meliputi setting monitor, setting printer, setting keyboard dan setting mouse.

1 komentar:

  1. Sekilas tentang al-Ikhlas Islamic Boarding School

    Pondok Pesantren al-Ikhlas Ujung adalah Lembaga Pendidikan yang berada di bawah naungan sebuah yayasan, yang bernama Yayasan al-Ikhlas (al-Ikhlas Foundation). Pesantren yang besistemkan boarding school ini, berdiri pada tanggal 18 September 2000 M, bertepatan tanggal 19 Jumadhil Akhir 1421 H. Pesantren ini didirikan sebagai wujud keprihatinan terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan di dalam masyarakat, sementara tantangan di masa depan semakin menuntut sumber daya manusia yang handal.

    Lembaga pendidikan pesantren dengan sistem boarding school sengaja dipilih karena sistem ini terbukti lebih efektif memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai pendidikan secara komprehensif, meliputi keseimbangan aspek kognitif, keterampilan dan psikomotorik di satu pihak, dan keseimbangan antara kecerdasan Intelektual, emosional dan spiritual di pihal lain. Sistem ini lebih efektif memproteksi anak-anak usia muda agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dengan segala akibat buruknya, termasuk penyalah gunaan narkoba dan zat adiktif lainnya yang kini menunjukkan angka-angka yang semakin memprihatinkan.

    Kekhususan Pesantren al-Ikhlas dan sekaligus menjadi obsesinya ialah penerapan kurikulum yang parallel antara ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu agama, pihak yayasan juga akan melakukan out sourcing dan joint program dengan pihak lain guna mewujudkan harapan-harapan yayasan.
    Meskipun bernaung di bawah satu yayasan keluarga, Pesantren al-Ikhlas tetap dikelola secara professional, terbuka, transparan, dan demokratis. Yayasan ini tetap terbuka untuk melibatkan berbagai pihak guna mewujudkan visi, misi dan tujuan Pesantren al-Ikhlas.

    BalasHapus